|
Konsep Wahdatul wujud/ Hulul yang dianuti al-hallaj bukan sekadar ditentang oleh para ulama hadis bah para sufi sezamannya. Dalam konsep hulul ini al- halllaj membenarkan bahawa manusia yang sudah bersih itu roh natiqah sungguh-sungguh dapat bersatu dengan roh Tuhan, ainul jama' sesudah berlakunya hulul lahut fi nasut, begitu juga ia menetapkan seorang wali dapat bersatu dengan Tuhan, sehingga wali itu itulah Tuhan, dan Tuhan itu itulah wali, huwa-huwa, iaitu tatkala seorang sufi mengucapkan " Anal Haq" . Akulah hak yang menciptakan itu. (thawasin)
Disamping itu al-hallaj juga seorang yang mempelopori konsep Haqiqatul-Muhammadiah / Nur Muhammad yang kini dianuti oleh hampir semua tarekat-tarekat sufi pada zaman ini.
Juga al-hallaj ialah seorang yang mempercayai konsep Wahdatul Adyan - Kesatuan segala Agama. Malah dalam kebanyak kitab-kitab sufi yang mendokong fahaman al-hallaj ini akan kita temui konsep-konsep ini.
Dan al-hallaj juga dituduh sebagai pendokong ajaran Syiah Qaramitah.!
kitab2 al-hallaj yang telah lama berkubur ditinggalkan para ulama islam mulai dicetak kembali pada awal 1920an oleh Loius Masiggnon seorang orientalis Peranchis yang mengkagumi dan mengkaji tulisan al-hallaj. Bahkan menurut Loius Massignon , al-hallaj ini adalah seorang kristen ! |
Rate
-
1
View Rating Log
-
|
|
|
|
|
|
|
Salam saudara Hang,
Apakah engkau juga akan ikut mempercayai kata2 orang yang dengki dan cuba hendak menjatuhkan martabat Al-Hallaj dan ahli sufi yang lain?
Memang menjadi perkara yang amat mudah bagi pihak yang berkuasa secara kuku besi untuk memutarbelitkan kenyataan dan kedudukan kes yang sebenar, membawakannya ke muka pengadilan, serta membuktikannya dengan sebilangan besar para saksi dusta, bahkan boleh mempengaruhi dengan wang dan kedudukan untuk mencapai kehendak nafsunya. Demikianlah kes Al-Hallaj. Sebenarnya mungkin aku bisa mengatakan ia merupakan masalah luar dari agama, meskipun mereka berusaha mengaitkannya. Semua kata-kata dan pendapatnya tidak ada dalam buku-buku atau kitab-kitab hasil dari tulisan tangan dan catitan penanya, dan setengah daripada kitabnya yang masih ada tidak menyokong dakwaan musuh-musuhnya.
Tentang kes Al-Hallaj ini bukanlah menjadi rahsia lagi. Kisahnya telah diketahui umum. Ia mempunyai kekuatan dan daya tarikan yang menjadi tumpuan orang ramai di mana-mana ia berada. Seperti ahli-ahli Sufi yang lain beliau mengasihi Ahlul Bait rasul saaw. Pada ketika itu Ahlul Bait rasul saaw, bercita-cita untuk mengambil semula kuasa pemerintahan. Golongan Bani Abbas sudah pasti tidak merasa senang terhadap setiap tokoh seperti yang ada pada Al-Hallaj yang memberi sokongan dan simpati sepenuhnya kepada Ahlul Bait rasul saaw. Oleh kerana di'ayah beliau begitu kuat tersebar luas, maka demi untuk menjaga "keamanan atau keselamatan negara" seperti yang selalunya dijadikan alasan oleh setiap yang tamakkan kuasa pastilah diambil tindakan segera.
Baiklah mari kita renung sebentar apa kata Heraclius dalam hal ini;
Allah itulah siang dan malam, Allah itulah musim panas dan musim sejuk. Allah itulah banyak dan sedikit, Allah itulah benda bekuan dan cair. Tuhan yang digambarkan oleh otaknya ialah sebagai bahan api yang harum.
Sanggupkah engkau mengatakan seperti ini? Tentu tidakkan... Begitu juga dengan Mansur Al-Hallaj..
Dan lagi;
Tuhan itu adalah senyuman manis di bibir kanak-kanak yang comel. Tuhan itulah juga hembusan bayu yang sungguh nyaman di musim bunga, itulah juga sinar cahaya gemerlapan yang indah dari bintang-bintang yang bertaburan; itulah juga kuntum bunga yang kembang mekar di taman, Tuhan itulah keindahan di mana-mana;
MAHA SUCI ALLAH dari apa yang mereka mengatakan ini !!!!!!
Sebenarnya kita sudah dikelirukan antara Wahdatul Wujud dengan Wahdatul Maujud..
Idea Wahdatul Wujud dengan erti Wahdatul Maujud itu mempunyai peminatnya pada setiap zaman. Manakala ahli-ahli Sufi mengemukakan al-Wujud al-Wahid atau Wujud Yang Tunggal lantas mereka yang memusuhi atau tidak bersetuju dengan perjalanan dan aliran Sufi segera mentafsirkannya dengan teori dan idea falsafah; ditafsirkannya dengan Wahdatul Maujud sedangkan amat jauh sekali perbezaan antara dua pengertian dan maksud tersebut. Tetapi biasanya kerana tidak sealiran dan lebih-lebih lagi bermusuhan seorang itu sanggup berdusta dan mengelirukan asalkan dapat mencapai matlamat dan tujuan untuk menjatuhkan lawannya. Memang tepat kalau pernah dikatakan : Matlamat menghalalkan cara.
[ Last edited by saifulms at 3-7-2007 06:05 PM ] |
Rate
-
1
View Rating Log
-
|
|
|
|
|
|
|
Originally posted by ibnur at 2-7-2007 02:25 PM
Kesimpulan dari aku...
Al-HAllaj telah pun tiada.... Allah s.w.t. yang akan menentukan kedudukannya.
Kita macamana?
Ya setuju. Ada yang kata dia betul, ada yang kata dia tak betul dan dia pun dah meninggal. Kita serahkan pada Allah untuk menentukan segala yang diperselisihkan...
kita macamana? |
|
|
|
|
|
|
|
Originally posted by mnm77 at 3-7-2007 06:25 PM
Ya setuju. Ada yang kata dia betul, ada yang kata dia tak betul dan dia pun dah meninggal. Kita serahkan pada Allah untuk menentukan segala yang diperselisihkan...
kita macamana?
Ni isyarat untuk berhenti berbincang ker?
Aku tak kisah pun, tapi apa kata Hang......? |
|
|
|
|
|
|
|
arwah Tok Guru saya pernah berkata...apabila kamu tahu ilmu hakikat yg sebenarnya; elok lah kamu berdiam diri. |
|
|
|
|
|
|
|
Originally posted by saifulms at 4-7-2007 12:19 AM
Ni isyarat untuk berhenti berbincang ker?
Aku tak kisah pun, tapi apa kata Hang......?
Aku tak kisah pun.....
tanya la tuan umah dulu... |
|
|
|
|
|
|
|
Kisah Mansur al Hallaj ni memang menarik untuk diberikan perhatian. Persoalannya boleh ataupun tidak dituruti. Orang yang boleh menggunakan akal untuk berfalsafah mungkin boleh melihatnya dari sudut pemikiran yang lain berbeza orang yang tidak dapat menggunakan akalnya untuk melihat sesuatu disebalik sesuatu. Mungkin ada persamaan denga kisah sang sufi yang berlaku di negara jiran kita Indonesia.
Syekh Siti Jenar (juga dikenal dalam banyak nama lain, antara lain Sitibrit, Lemahbang, dan Lemah Abang) adalah seorang tokoh yang dianggap Sufi dan juga salah satu penyebar agama Islam di pulau Jawa yang sangat kontroversial di Jawa, Indonesia.Tidak ada yang mengetahui secara pasti asal-usulnya, di masyarakat,terdapat banyak varian cerita mengenai asal-usul Syekh Siti Jenar.
Sebagian umat Islam menganggapnya sesat karena ajarannya yang terkenal, yaitu Manunggaling Kawula Gusti.Akan tetapi sebagian yang lain menganggap bahwa Syekh Siti Jenar adalahintelektual yang sudah mendapatkan esensi Islam itu sendiri. Ajaran -ajarannya tertuang dalam pupuh, yaitu karya sastra yang dibuatnya. Meskipun demikian, ajaran yang sangat mulia dari Syekh Siti Jenar adalah budi pekerti.
Syekh Siti Jenar mengembangkan ajaran cara hidup sufi yang bertentangan dengan cara hidup Walisongo. Pertentangan praktek sufi Syekh Siti Jenar dengan Walisongo terletak pada penekanan aspek formal ketentuan syariah yang dilakukan oleh Walisongo.
Teruskan membaca....
http://id.wikipedia.org/wiki/Syekh_Siti_Jenar |
|
|
|
|
|
|
|
Originally posted by WakDaeng at 1-7-2007 10:08 PM
Syariat, Tariqat dan Haqiqat saling memerlukan dan ianya perlu berjalan seiring. Ianya tidak boleh dipisahkan antara satu sama lain.
Syariat ertinya menyembah Allah iaitu mengikut segala perin ...
Kalau teori ko betul dan smua org blh faham bnda tu..x ada lah mansur al-halaj tu kena bunuh kan |
|
|
|
|
|
|
|
Mungkin ini boleh membantu kita semua bagi memahami kedudukan Al-Hallaj. Ada tujuh bahagian dari seorang penulis ... setakat ini saya baru dapat lima bahagian sahaja. Insha-allah kalau ada tambahannya saya akan cantumkan lagi dua bahagian berkenaan. Selamat membaca ulusan beliau tentang hal ini:-
MISTERI AL HALLAJ (1/7)
Oleh : Abu Sangkan
Pada abad ke 9 Masehi, berkembang kehidupan kerohanian Islam dengan jalan melakukan Zuhud (mengabaikan dunia) untuk mencapai kesempurnaan makrifat dan tauhid kepada Allah. Gagasan-gagasan para ahli sufi dan syiah pada abad tersebut telah ditemukan, baik yang berupa syair ataupun pemikiran yang menunjukkan keanekaragaman kemungkinan dalam kehidupan mistik, seperti halnya Al Ghazaly, Dzun Nun (859 M), Bayezid Bistami (874 M), dan Al Harith al Muhasibi (857 M) dan Husein Ibn Mansur Al hallaj (858 M).
Pemikiran dan peranan para tokoh inilah yang perlu kita ketahui sebagai wacana keilmuan dan sejarah, sekaligus menganalisa konflik pemikiran yang tidak pernah habis dibahas, karena pihak-pihak yang berbeda pendapat tidak pernah saling bertemu untuk memberikan klarifikasi dalam satu majelis, kecuali hanya saling mengecam dan mengkafirkan dengan musabab bibit konflik politik kekuasaan yang serakah dan licik sejak lama.
Banyak kisah keshalehan serta kata-kata bijak penuh hikmah yang mengisi setiap referensi kitab-kitab keislaman di Timur maupun di Barat yang berasal dari para tokoh Sufi ini, baik yang bisa difahami oleh kaum awam sampai pernyataannya yang banyak mengundang perdebatan yang tidak henti-hentinya sampai sekarang.
Menarik untuk dikaji kembali penyataan yang populer yang di lontarkan oleh Husein Ibnu Al Hallaj " Akulah kebenaran Yang Tertinggi ". Peristiwa ini merubah pandangan masyarakat umum terhadap kaum Sufi atau para Zahid yang menjalankan olah kerohaniannya dengan melakukan dzikir secara rutin, shalat malam dan menjauhkan diri dari perbuatan maksyiat. Sehingga pada ujungnya berpengaruh terhadap perkembangan ilmu tafsir yang menjadi mandek.
Terlihat para mufassirin agak ragu-ragu menafsirkan kata-kata hiperbolis kedalam pengertian proporsi yang sebenarnya, dan sampai kini orang menjadi merasa takut apabila membicarakan mengenai ilmu hakikat dan makrifat.
Mereka mengira ilmu tasawuf adalah ajaran sesat dan membahayakan. Saya menganggap pandangan mereka terlalu gegabah dan tidak bijaksana. Pandangan yang mengakibatkan ajaran Islam menjadi amat dangkal, karena nilai spiritual yang seharusnya diajarkan telah hilang, yaitu nilai psikologi keihsanan kepada Allah dalam setiap peribadatan, yang mestinya paling dianggap menentukan dalam kaitan diterima atau ditolaknya perilaku keagamaan seseorang.
Saya terkesan dengan pandangan Yahya, seorang Sufi yang shaleh menanggapi pernyataan orang Yang menganggap dirinya Tuhan dengan doa dalam bentuk dialektis :
Oh Allah , kau telah mengirim Musa dan Harun ke Fir抋un si pemberontak dan berkata, " berbicaralah baik-baik dengannya" , Oh Allah , inilah kebaikan hati-Mu terhadap orang yang menganggap dirinya Tuhan; bagaimana pula gerangan kebaikan hati-Mu terhadap orang menjadi abdimu sepenuh jiwanya ? 匫h Allah, ada takut kepada-Mu karena aku budak, dan aku berharap pada-Mu karena kaulah Tuan ! 匫h Allah bagaimana pula aku tidak takut padaMu karena Kau Maha Kuasa ? Oh Allah , bagaimana aku datang kepada-Mu karena aku budak yang memberontak, dan bagaimana aku tidak datang kepada-Mu karena Kau Penguasa yang pemurah ? ( Dimensi Mistik dalam Islam, Annemarie Schimmel hlm,53 )
Sebagai tokoh yang tiada hentinya dibicarakan di dunia mistik Islam maupun dikalangan yang memusuhinya, Al Husain ibnu Mansur Al Hallaj pada tahun 922 M dijatuhi hukuman mati oleh para wakil kaum ahli hukum karena ajaran yang disebarkannya, yang dianggap telah keluar dari aqidah Islam -yang terutama- berasal dari ucapannya yang terkenal, Ana 憀 Haqq ( Akulah kebenaran Tertinggi ). Pro dan kontra dari jatuhnya hukuman tersebut 杝ampai sekarang- masih juga terjadi, namun demikian saya memiliki alasan sendiri mengapa tokoh ini masih pantas dibahas pada sebuah telaah seperti ini, yaitu kemungkinan priori bahwa riwayat hidup dan ajarannya lebih banyak berpengaruh terhadap Islam di Indonesia dari pada ditempat lain.
Sejak lama, terutama karena penelitian Snouck Hurgronje dan B.O. Schrieke, kita tahu dengan pasti bahwa para saudagarlah yang berperan dalam ekspansi agama Islam di Indonesia berasal dari India, khususnya dari daerah Gujarat, dipantai Barat Laut semenanjung India. Daerah tersebut mempunyai hubungan yang khusus dengan Al Hallaj, dimana dia sendiri membawa agama Islam kesana dan bahkan berhasil membawa tiga kasta ke dalam pangkuan agama Islam. Bahwa konteks itu memang cukup luas jangkauannya terbukti oleh kenyataan, bahwa sebagian dari kasta-kasta itu sampai sekarang ini masih disebut orang Mansuri, sedangkan makam Al Hallaj di Bagdad tetap didatangi oleh orang-orang Gujarat. ( Massignon, Hallaj, halm.85 ,).
Saya kira tidak mungkin mengabaikan riwayat beliau karena banyak memainkan peranan penting dalam dunia Islam di Indonesia dari pada di tempat lain, terutama di Jawa dan Aceh. Kita bisa melihat baik tersirat maupun tersurat, dalam ajaran sinkretisme Jawa terdapat unsur-unsur pantheisme atau manunggaling kawula Gusti, yang berakar dari ajaran Mistik Islam kejawen dengan latar belakang ajaran Tharikat Naqsabandiyah yang dianut oleh Pujangga besar Raden Ngabehi Ranggawarsita dalam kitabnya Serat Wirid Hidayat Jati ataupun ajaran Hindu yang merupakan sumber paham pantheisme.
Syekh Siti Jenar juga mengalami nasib tragis ketika harus menghadapi hukuman mati yang dijatuhkan penguasa Demak yang didukung penuh oleh Dewan Agama yang dipimpin wali Songo , karena dianggap telah membuka tabir rahasia ketuhanan dalam dirinya, yaitu manuggaling kawula Gusti.
Jika Al hallaj tewas dipancung kepalanya, Syekh Siti Jenar memilih sendiri cara untuk mati ( DR. Abdul Munir Mulkhan, Ajaran Dan Jalan Kematian Syekh Siti Jenar, hal 51 ).
Bagaimana penilaian dunia Islam terhadap Al hallaj ??
Banyak pendapat umum yang mengatakan Al hallaj mati karena ajaran mistiknya yang terkenal Ana憀 Haqq (Akulah Kebenaran Tertinggi ). Tidak banyak kaum muslimin yang mengetahui dengan persis apakah sebenarnya yang terjadi terhadap kasus yang didakwakan kepadanya. Benarkah Al hallaj penganut faham ittihad (pantheisme) yang banyak dipengaruhi ajaran Hindu dan mistik katholik, atau ajaran Zanadika, tentang cinta kasih manusia terhadap Allah sebagai suatu daya tarik material antara sumber cahaya dan percikan-percikan yang mengalir dari sumber itu (emanasi).
Di kalangan kaum mistisi sendiri banyak yang berpendapat, bahwa kesalahan Al Hallaj ialah menyiarkan dimuka umum kebenaran-kebenaran esoteris (merenggut selubung rahasia).
Konon kabarnya As Sibli mengatakan kepada seorang utusan menjelang eksekusinya, pergilah mencari Al Husein ibnu Mansur dan katakan kepadanya, "Allah telah memberikan kepadamu jalan untuk mengetahui salah satu rahasia 朜ya , tetapi karena engkau menyiarkan kepada umum, maka kau harus merasakan pedang" Massignon Hallaj, hal.310 ). |
|
|
|
|
|
|
| |
|